Saturday, September 17, 2011

Sushi : From failure trial to be better.

Like i said before in my previous post, saya dan teman SMA (yang juga sahabat saya dari kelas 4 SD) mengisi waktu luang dengan 'memasak'. Dari iseng2 dengan bahan seadanya, sampai pakai furikare dan nori khusus :D

Pertama kali bikin sushi, kita ga pakai tikar bambu yang biasa buat gulung sushi, tapi pakai cetakan plastik panjang (banyak di jual di online shop khusus bento). Bahannya juga seadanya. Apapun yang ada dikulkas ya di keluarin aja :D Kita pakai seaweed yang tipis, Tuna in can, mayonaise, wortel, ketimun, dan telur. Nasi juga pakai beras biasa (tapi ditambah ketan sedikit sama minyak wijen buat seasoningnya). Modal nekat deh pokoknya :D Setelah nasi matang, langsung deh kita cetak-cetak di cetakan plastik,  taruh nori, dan nasi, susun wortel sama ketimun dan tuna, tambahin mayonaise, cetak deh! Dan hasil nya :



Lalalalaalal.... Ya silahkan dicoba :P Karena agak desperate jadi kita tambahin salah wortel dan jagung juga tamago dan telur rebus. Tamago (telur dadar tapi agak manis) nya sih okay. Rasanya seperti tamago (yaiyalah rasa tamago, masa rasa jengkol) hehe:) Tapi telurnya agak failure. Padahal udah pake Egg Mold (yang banyak juga dijual di toko2jepang). Sudah dicetak lucu2 tapi beberapa puluh menit kemudian kembali lagi menjadi telur yang polos -___-  Hahaha.. But after all, ini lumayan enak :)

Setelah first trial yang agak failure, kita coba lagi sushi untuk yang ke 2 kali. Bumbu nya lengkap. Saya pakai bahan-bahan sushi dari om: 

Nasi:
Furikake (bumbu untuk nasi rasanya macam-macam, dijual di supermarket)

3 gelas Beras biasa , Beras ketan (1:1/3) <-------- kita ga pakai beras jepang, karena prinsip kita tak ada rotan akarpun jadi :P

Sushi-Zhu :
1/3 gelas rice vinegar, Minyak wijen, 2 sdm gula dan 1sdt garam -----> dipanaskan diatas panci.

Tamago:
4butir telur, gula, kecap jepang. -----> telur dikocok dengn gula dan kecap, lalu didadar..

How to make?
Its easy! Saya yakin sudah banyak juga yang kasih tutorial untuk bikin sushi. Setelah nasi matang kita  beri  sedikit demi sedikit sushi-zu lalu ditaburin  furikare, aduk sampai tercampur semua.

Sebar nasi diatas nori yang ditaruh diatas tikar bambu. Tekan2 nasi sampai rata. Setelah itu taruh isi dari sushi  dibagian tengah (waktu itu kami pakai chicken stick goreng, ketimun dan tamago, maklum mahasiswa ga bisa beli salmon dkk ehehe :P )Tambahin juga mayonaise biar yum yum (Mayo sekarang sudah ada yang campur wasabi, jadi variasi mayo sesuai selera yang bikin aja ehehe ). Setelah itu gulung sushi dan remas2 (First roll biasanya masih berantakan tapi setelah nya pasti rapi deh gulungannya :D)



Setelah jadi roll, tinggal kita potong aja deh :) selesai lalalalalala...... Dan hasil percobaan ke 2 kami : BERHASIL!!!! YEAY!!!


Chicken stick sushi :P Rasanya? Yahh lumayanlah ya, nasi nya sudah enak, jadi kalau diisi apapun akan enak juga.. Setalah percobaan yang ke 2 saya jadi sering banget bikin sushi, the latest one is : Avocado Crab sushi. Bahan2nya sama cuma beda isi aja :) Saking semangatnya bikin sushi, masak nasinya kebanyakan, sampai jadi 11 rolls. Padahal yang makan cuma 5 orang hahaha.




Ya mungkin ga akan seenak kalo Om yang bikin, cuma lumayanlah untuk seorang mahasiswa abstrak yang iseng2 bikin makanan dengan bahan yang seadanya (dan mungkin ada yang hampir kadaluarsa) haha. Intinya kalo mau bikin sesuatu harus yakin kalo makanannya akan enak, at least buat yang masak. Kalo orang lain bilang ga enak yaudah biarin aja :P Different person different tounge different satisfication :) Keep on cooking!





No comments:

Post a Comment